Semarang, 12-13/5. Dengan mengusung tema “Menanamkan Jiwa Kepemimpinan dan Loyalitas yang Tinggi”, BEM UNISBANK menyelenggarakan kegiatan LKMM-TD di Lapangan Tembak Kodam IV, Tembalang. Kegiatan LKMM-TD 2019 dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 22 – 23 Juni 2019. Seluruh peserta acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa – Tingkat Dasar merupakan delegasi dari Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada di Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang.   

       Peserta LKMM-TD terdiri dari ketua dan wakil atau anggota pilihan dari masing-masing LK. Acara berlangsung selama dua hari satu malam yang seluruh kegiatannya berpusat di barak dan Lapangan Tembak Kodam IV, Tembalang. Susunan acara LKMM-TD terdiri dari 3 Materi dari pemateri terpilih, Diskusi bersama, presentasi, Sosialisasi dari setiap kementerian BEM Universitas, outbond, jelajah fajar, senam  olahraga dan juga apel. Materi pertama, disampaikan oleh Drs. Rokh Eddy Prabowo, M.Si mengenai Keorganisasian secara umum. Penyampaian materi pertama disampaikan dalam bentuk penjelasan oleh pemateri menggunakan media powerpoint. Peserta ditugaskan oleh panitia membuat review dari hasil materi pertama yang telah disampaikan. Review dibuat dalam bentuk mading menggunakan karton merah serta berdasarkan kreatifitas masing-masing kelompok. Isi materi dalam review tersebut yakni rangkuman dan dipresentasikan per kelompok secara bergantian.

    Sosialisasi oleh BEM – U, yang pertama diisi oleh kementerian advokasi yang di dalamnya dikemas dalam bentuk ruang advokasi. Sosialisasi BEM – U yang kedua, diisi oleh kementerian Dalam Negeri. Materi kedua, disampaikan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) mengenai sosialisasi DPM kepada seluruh LK Unisbank. Sosialisasi BEM – U yang ketiga diisi oleh kementerian PSDM, Kementerian Sosial, dan juga Kementerian Ristekom.  

      Materi ketiga, disampaikan oleh Bp. Sukoco (TNI) mengenai Leadership. Dimana pemateri menyampaikan apa itu kepemimpinan, bagaimana cara menjadi pemimpin yang bijaksana, kiat-kiat dalam memimpin sebuah organisasi. Mengulas mengenai pentingnya ketepatan waktu, kesehatan fisik, ketegasan dalam bersikap, berfikir dalam memecahkan masalah dan lain-lain.

Selanjutnya Outbond dilakukan di Lapangan Utama yangmana terdiri dari empat pos, yaitu :

  1. Pos 1 (Buldoser)
  2. Pos 2 ( Pangeran Kegelapan)
  3. Pos 3 (Jin Botol)
  4. Pos 4 (Tokecang)

Alumni hadir dalam acara LKMM-TD. Alumni yang hadir merupakan alumni presiden mahasiswa tahun 2013 – 2016 beserta perwakilan anggotanya, sharing ini dikemas dengan berbagi pengalaman dalam organisasi beserta suka duka dalam masa jabatan. Kemudian dilanjutkan acara api unggun dan pentas seni, peserta diwajibkan untuk menampilkan drama atau musikalisasi puisi. Panitia menyiapkan pentas seni bertujuan untuk mengakrabkan anggota satu sama lain dan menghangatkan suasana walaupun hari sudah malam.

       Dalam acara jelajah fajar, tidak ada unsur penggojlokan atau perpeloncoan. Pos demi pos disusun dengan memperhatikan keamana, dan kesehatan peserta. Acara ini bertujuan untuk melatih fisik serta adrenalin peserta dalam berjalan di malam hari. Diberikan clue dan amanat dalam setiap pos untuk meningkatkan rasa kebersamaan per kelompok. Olahraga senam di pagi hari dilakukan setelah ibadah sholat subuh, bertujuan untuk melenturkan dan melatih fisik para peserta. Makan bersama oleh peserta dan panitia ditujukan untuk memberikan suasana kehangatan antar satu peserta dengan peserta lain termasuk dengan panitia. Tidaklupa juga pemberian testimoni oleh perwakilan peserta mengenai acara LKMM-TD yang telah mereka lalui. Terdapat kesan, pesan serta kritik membangun dari peserta seperti acara pada umumnya.

untuk file foto dokumetasi dapat diunduh dengan klik gambar dibawah ini