Jum’at, 28 september 2019. Dalam kegiatan PEKAKU 2019 mengangkat tema “The Rise Of Millennials”  dimana munculnya atau bangkitnya generasi millenials seperti sekarang ini berawal disini (PEKAKU) dan dengan tagline “Breakthrough Beyond Limit” yang fokus kepada pengembangan diri sendiri dijenjang perkuliahan, pengenalan lingkungan kampus dan usaha menuju cita-cita yang sesuai dengan jurusan yang diambil oleh mahasiswa. Dengan tagline tersebut PEKAKU 2019 ingin mengajak mahasiswa baru melampaui batas, dalam konteks kondisi terakhir mahasiswa baru sebelum mengikuti PEKAKU dengan masuk ke jenjang perkuliahan dan dapat memperluas sosialisasi mereka dalam rangka menunjukkan totalitas diri yang akan diraih. Dengan nuansa “autumn” sebagai konsep visual tahun ini yang memberikan kesan kehangatan dan keakraban  antara senior dan juniornya. Dimana tema dan tagline diatas dapat terimplementasikan di PEKAKU selama 6 hari.

Hasil kegiatan Pengenalan Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan (PEKAKU) 2019 yang dilaksanakan selama 6 hari pada (Sabtu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu) tanggal 31 Agustus s.d 7 September 2019 antara lain:

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan PEKAKU 2019 merupakan mahasiswa baru dari Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang yang berjumlah 866 untuk Mahasiswa Baru Kelas Reguler dan 277 untuk Mahasiswa kelas Sore dan Mahasiswa yang belum mengikuti PEKAKU. Kegiatan PEKAKU 2019 berlangsung selama 6 pada tanggal 31 Agustus s.d 5 September 2019 untuk Kelas Reguler.

PEKAKU 2019 di selenggarakan oleh panitia mahasiswa dan panitia lembaga UNISBANK. PEKAKU merupakan wadah bagi para mahasiswa baru untuk mengenal lebih jauh dunia perkuliahan yang nantinya akan mereka tempuh. Berikut rincian kegiatan PEKAKU 2019 :

Hari Pertama Pra-PEKAKU yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2019 diantaranya persiapan PEKAKU selama 4 hari, gladi bersih upacara pembukaan, siklus mahasiswa, latihan hymne, mars UNISBANK, pengarahan kepada mahasiswa baru dan pengarahan untuk mahasiswa penerima beasiswa peduli sosial dan BIDIKMISI.

Hari Kedua dilaksanakan pada tanggal 2 September 2019 susunan acara diantaranya rapat senat terbuka, upacara penerimaan mahasiswa baru dan pembukaan PEKAKU, sistem pendidikan tinggi, sosialisasi BCA, kuliah umum, ceramah peraturan akademik, ceramah pedoman akademik dan sistem kredit prestasi, pendidikan pemakaian perpustakaan, Dilanjutkan kuliah umum bersama Gubernur AKPOL  Irjen Pol. Drs. Achmad Juri, M.Hum dengan tema “Peran Pendidikan Tinggi Membangun Karakter Mahasiswa Yang Cerdas, Terampil, dan Berbudi Luhur”

Hari Ketiga dilaksanakan pada tanggal 3 September 2019 pendidikan pembentukan karakter dilaksanakan oleh tim NAC dan pengarahan mahasiswa. Disela sela materi dari NAC, panitia juga mengadakan kegiatan kreativitas mahasiswa dengan mengasah potensi mereka di bidang seni antara lain solo vokal, akustik dan mas mbak UNISBANK yang harapannya menjadi putra putri kampus selanjutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai wadah untuk mengetahui bibit bibit baru dari mahasiswa UNISBANK sendiri.

Hari Keempat dilaksanakan pada tanggal 4 September 2019 puncak acara atau inagurasi. Hari keempat merupakan puncak atau gong nya acara PEKAKU dari dekorasi tempat, suasana, dan juga dari penampilan berbagai pengisi acara. Mulai dari pertunjukan seni dari mahasiswa baru, drama dan flasmob dari panitia, penampilan guest star dari band lokal Savory, Absurnation dan diakhiri penampilan dari Dj Ryudensa sangatt seruu dan menyenangkan.

Hari Kelima dilaksanakan pada tanggal 5 September 2019 upacara penutupan dan pengenalan LK/UKM yang ada di UNISBANK.

Dengan rangkaian kegiatan selama 6 hari ini, diharapkan memberi kesan dan pandangan baik untuk mahasiswa baru yang nantinya akan menempuh kuliah di UNISBANK.