Semarang 13/8. BEM Universitas Stikubank (Unisbank) kembali menyelenggarakan kegiatan LKMM-TM dengan tema “Pengoptimalan Jiwa Kepemimpinan dan Loyalitas Tinggi” yang dilaksanakan di Kampus Kendeng Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang pada tanggal 27-28 Juli 2019. Seluruh peserta delegasi dari Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada di Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Peserta LKMM-TM terdiri dari ketua dan wakil atau anggota pilihan dari masing-masing LK.

Acara LKMM-TM berlangsung selama dua hari satu malam yang seluruh kegiatannya berpusat di Kampus Kendeng. Rangkaian acara LKMM-TM terdiri dari 5 materi dari pemateri, diskusi, debat, FGD, hiburan, outbond, dan apel. Materi pertama, membahas mengenai tema “Keorganisasian” yang disampaikan oleh Bapak Arikha Saputra S.H.,M.H. Salah satunya membahas mengenai macam gaya kepemimpinan seorang pemimpin. Diskusi I memuat materi-materi yang dibahas oleh peserta untuk dijadikan bahan diskusi secara acak. Materi-materi yang dibahas antara lain kurangnya SDM dalam Organisasi oleh Mapalas & BEM Universitas, memilih Proker atau bermanfaat di sekitarnya oleh BEM FH&HMPS TI, Organisasi tanpa dasar atau aturan oleh BEM FTI&PKKMK, Pembagian waktu untuk aktivis oleh BEM FBIB&Multimedia, Tujuan utama menjadi aktivis oleh Taekwondo & HIPMI PT, Titik jenuh dalam Organisasi oleh KSPM, Peranan aktivis untuk kehidupan bermanfaat oleh HMPS Ilmu Hukum, Kinerja tim dalam anggota Organisasi oleh HMPS Manajemen & HMPS Sasing, Keluar tanpa alasan dalam Organisasi oleh Internet Club, Masuk organisasi hanya pamor atau niat oleh BAI & HMPS SI, dan Pemanfaatan SDM yang baik dalam Organisasi oleh ECC & HMPS Akuntansi.

Materi kedua diisi oleh Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) BEM Universitas yang membahas mengenai “Masalah yang Sering Terjadi di dalam Organisasi Mahasiswa”. Beberapa LK & UKM saat ini belum menjalankan fungsi yang sesungguhnya sebagai wadah bagi mahasiswa lain dan banyak dari LK & UKM hanya berorientasi pada proker yang menguntungkan LK & UKM itu sendiri namun belum memberi impact ke mahasiswa didalam Unisbank secara menyeluruh. Diharapkan setelah LKMM-TM 2019 para aktivis dapat lebih peka dengan lingkungan sekitar serta dapat lebih kompak untuk bersama-sama menuju perubahan demi kemajuan universitas yang kita cintai ini.

Materi ketiga  membahas mengenai tema “Pendidikan” yang disampaikan oleh Bapak Dr. Edy Winarno. M.Eng. Pada sesi ini berisi pembahasan yang berkaitan dengan akademik seorang aktivis dalam perkuliahan. Para aktivis harus lebih aktif dan memiliki kemampuan dalam memanajemen waktu sehingga baik prestasi dibidang non akademik dan akademik akan seimbang. Sesi debat berisi materi yang dipilih secara acak dimana ada 3 (tiga) pembahasan mengenai Penggunaan media internet sebagai sumber utama bahan belajar bagi mahasiswa, Status Perguruan Tinggi menentukan lapangan pekerjaan di Indonesia’ dan Penghapusan Tugas Akhir/Skripsi. Disetiap materi akan dibahas oleh 2(dua) kelompok yang dibagi menjadi pihak yang pro dan kontra. Masing-masing dari kelompok mengirimkan 4 orang untuk beradu argumen dan mengasah kekritisan mengenai isu pada materi tersebut.

Materi keempat membahas mengenai Leadership dan Korsa yang disampaikan oleh Okhi Darmawan selaku Presiden Mahasiwa 2019. Pada sesi ini ditayangkan beberapa video yang menggambarkan mahasiswa di UNISBANK, arti dari teamwork serta bagaimana gambaran seorang pemimpin dalam mengkoordinasi tiap anggotanya. Materi kelima membahas mengenai tema “Politik dan Kepemimpinan” yang disampaikan oleh Bapak Mahar Soedjana ST.Ars.  Pada materi ini mengajak mahasiswa untuk mengambil andil sebagai agent of change karena mahasiswa adalah pemegang tonggak estafet kepemimpinan penerus masa depan Indonesia. Pada sesi ini dibuka Forum Group Discussion antara Narasumber dan Peserta. Beberapa pembahasan yang diangkat yaitu Reformasi, “HAM dibawah kepentingan penguasa”, Isu politik, Undang-undang ITE yang digunakan oleh Tim Sukses dalam Pilpres yang lalu, Dampak pemilu terhadap investor, apakah perlu perombakan dalam UU Pemilihan Presiden, dan Dampak dari 20 tahun reformasi pada masa kini.

Pada sesi Hiburan, para peserta disuguhkan tontonan mengenai film edukasi yang berjudul “Trisakti” yang mengisahkan para aktivis OSIS yang membongkar kecurangan yang dilakukan para pejabat sekolah tentang penggelapan dana untuk kegiatan siswa-siswi. Outbond dibagi menjadi 3 (tiga) post dan adanya pos untuk misi tambaham. Post 1 Games Kapal Pecah, bertujuan agar melatih ketangkasan dan melatih para aktivis untuk dapat berpikir secara taktis. Post 2 Games Jalan Berkelok, bertujuan untuk melatih tingkat perjuangan dan rasa kepercayaan antar peserta dalam satu kelompok. Post 3 Games Kawat Listrik, bertujuan untuk melatih kekompakan, kerjasama dan pertahanan untuk menjaga kemenangan atau merebut atas bendera yang didapatkan pada post sebelumnya. Dan pada satu pos terakhir diadakan misi army dan rebel, dimana army diberikan clue lebih untuk mendapatkan benda tersembunyi dan harus diamankan agar tidak dicuri atau direbut dari tim rebel. Pada misi terakhir ini tim army memenangkan untuk mempertahankan benda tersebut.      

Pada akhir kegiatan LKMM-TM diadakan apel penutupan serta didapatkan pemenang sebagai Juara Kelompok Terkompak diraih Kelompok Sumatera dan Kelompok Tersolutif diraih Kelompok Kalimantan. Sedangkan untuk Juara Individu dengan duaa kategori Teraktif diraih oleh Fajar Kuncoro Aji (HIPMI PT) dan kategori Terkritis diraih oleh Nafiatul Faiza. F (BEM Universitas). Terdapat pemberian testimoni oleh perwakilan peserta mengenai acara LKMM-TM yang telah mereka lalui. Terdapat kesan, pesan serta kritik membangun dari peserta untuk LKMM-TM selanjutnya.

Untuk file foto dokumetasi dapat diunduh dengan klik gambar dibawah ini.