Rapat Koordinasi (RAKOR) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan setelah pembentukan keanggotaan baru atau Re-organisasi semua organisasi mahasiswa (ormawa) di Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang. RAKOR biasanya dilaksanakan pada awal tahun, isi dari kegiatan RAKOR adalah untuk mengalokasikan dana dari lembaga untuk kegiatan seluruh ORMAWA UNISBANK. Budgeting merupakan salah satu tanggungjawab Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) ORMAWA tertinggi di UNISBANK.

            Tema yang diusung RAKOR 2019 adalah “Bersama Mewujudkan Harapan”, dengan tema tersebut diharapkan program kerja yang diajukan untuk menerima dana matrik dari lembaga bisa berjalan sesuai target dan bisa memberi manfaat yang nyata kepada mahasiswa UNISBANK. RAKOR dilaksanankan pada tanggal 9 Februari 2019, BEM U sebagai pelaksana dan RAKOR dipimpin oleh 3 Presidium, presidium pertama dari bidang kemahasiswaan, kedua dari Dewan Perwakilan Mahasiswa, dan presidium ketiga perwakilan dari BEM U.

Ada beberapa perbedaan pelaksanaan RAKOR 2019 dengan tahun sebelumnya, perbedaan tersebut antara lain:

  1. Peserta RAKOR 2019 adalah BEM U dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Untuk Lembaga Kemahasiswaan (LK) seperti BEM Fakultas dan HMPS dalam pendanaan sudah dialihkan difakultas masing masing.
  2. Akan diadakan yang namanya Passing Grade atau Clusterisasi sesuai dengan hasil, prestasi atau dampak dari program kerja yang dilaksanakan.
  3. Passing grade atau Clusterisasi yang dimaksud terdiri dari beberapa kelas , yaitu :

           Kelas A = plotting dana di atas Rp7.000.000,-

           Kelas B = plotting dana sekitar kisaran Rp5.000.000,- sampai Rp7.000.000,-

           Kelas C = plotting dana kurang dari Rp5.000.000,-

  1. Dana yang dialokasikan sudah berupa dana gelondongan yang langsung diberikan untuk setiap UKM, sehingga tidak ada negosiasi antara peserta dan presidium.
  2. Mengenai Scheduling Time pelaksanaan kegiatan, pengajuan proposal 2 bulan sebelum kegiatan , dan disertai pengumpulan laporan pertanggungjawaban maksimal 3 minggu setelah kegiatan.

 

Penjelasan diatas merupakan hasil notulen Rapat Koordinasi antara BEM U, UKM dengan pihak lembaga dan pihak yang berwenang lainnya.